Rumput-Sintetis-Futsal

Rumput Sintetis Futsal

Rumput sintetis futsal – Futsal merupakan salah satu olahraga yang tidak pernah sepi peminatnya, kita dapat melihatnya dari banyaknya lapangan futsal yang ada di kota kita. Bisnis penyewaan lapangan futsal memang merupakan salah satu bisnis yang di jaman sekarang ini tengah berkembang pesat.

Olahraga yang diadaptasi dari permainan sepak bola ini memang disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, maupun mereka yang sekedar hobi atau mencari keringat hingga kalangan profesional. Tingginya minat akan permainan futsal juga dapat kita lihat dari selalu penuhnya penyewaan lapangan futsal ketika memasuki akhir pekan khususnya malam minggu.

Berbeda dengan olahraga populer lainnya di Indonesia seperti badminton dan voli, umumnya lapangan futsal hanya tersedia di tempat penyewaan lapangan futsal. Selain di tempat penyewaan lapangan olahraga, umumnya lapangan badminton atau voli juga banyak dipunyai oleh warga maupun desa.

Karenanya memilih bisnis penyewaan lapangan futsal dapat menjadi pilihan Anda untuk investasi jangka panjang. Sebab bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang tidaklah sedikit. Bayangkan saja biaya untuk lahan dan pembangunan stadionnya, belum lagi untuk kelengkapan sarananya hingga pembangunan lapangan futsal itu sendiri.

Umumnya lapangan futsal menggunakan jenis lantai rumput sintetis, vinyl atau rubber dan lantai interlock. Setiap jenis lantai ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini kita akan membahas penggunaan rumput sintetis pada lapangan futsal. Meskipun jenis ini menjadi yang pertama kali digunakan, namun hingga kini rumput sintetis masih banyak dipakai ditengah kemunculan bahan vinyl dan interlock.

Jenis rumput sintetis lapangan futsal

Rumput sintetis sendiri merupakan rumput buatan yang dibuat dari bahan serat silikon yang dibentuk menyerupai rumput asli. Seraat silikon ini kemudian ditempelkan pada sebuah karpet hitam seukuran lapangan futsal yang terbuat dari bahan polypropylene. Panjang rumput sintetis sendiri cukup bervariasi mulai dari 35 mm hingga 50 mm.

Rumput Sintetis Futsal

Selain digunakan pada lapangan futsal, rumput sintetis juga banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan maupun taman hingga lapangan golf mini. Rumput sintetis sendiri dari segi kegunaannya dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Rumput sintetis untuk dekorasi

Rumput sintetis yang digunakan sebagai dekorasi ruangan mulai dari ruang kantor, taman hingga rumah pribadi ini mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Modelnya juga ada yang dibentuk menyerupai rumput paku, rumput jepang, rumput gajah hingga dedaunan. Bahkan tak jarang warnanya juga dibuat senatural mungkin sehingga terlihat sangat mirip. Pemakaiannya dapat diaplikasikan di lantai maupun dinding hingga untuk keperluan di dalam maupun luar ruangan.

2. Rumput sintetis untuk lapangan olahraga

Dengan munculnya rumput sintetis, kini banyak jenis olahraga yang menggunakan lapangan rumput mulai menggunakan rumput sintetis. Sebab rumput sintetis kondisinya dapat disesuaikan berdasarkan keperluan penggunanya dan tidak terikat musim maupun cuaca.

Sebagai contohnya olahraga seperti sepak bola, futbol, baseball hingga softball yang menggunakan lapangan rumput kini mulai beralih ke rumput sintetis. Sebab kondisi lapangan rumput asli dapat memburuk ketika memasuki musim tertentu. Dengan adanya jenis rumput sintetis kini kondisi lapangan rumput sintetis dapat diatur agar tidak terpengaruh musim dan cuaca. Dan pada perkembangannya, rumput sintetis juga banyak digunakan pada lapangan futsal maupun golf.

Rumput sintetis untuk lapangan futsal

Rumput sintetis futsal sendiri dikembangkan oleh banyak produsen, setiap produsen tentunya mengembangkan dengan jenis bahan yang berbeda. Bahkan tiap produsen juga tidak hanya membuatnya untuk keperluan lapangan olahraga saja namun juga untuk dekorasi. Akan tetapi jenis rumput sintetis untuk lapangan futsal dapat dibagi berdasarkan bahan pembuatannya yaitu :

1. Rumput sintetis futsal bahan nilon

Bahan nilon merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan rumput sintetis. Jenis bahan ini mempunyai kekuatan dan daya tahan yang sangat baik sehingga cocok untuk penggunaan secara intens. Selain itu bahan nilon sendiri juga tahan terhadap cuaca dan perubahannya sehingga cocok untuk penggunaan lapangan futsal outdoor. Namun bahan ini mempunyai permukaan yang agak kasar dan secara umum harganya memang lebih mahal dibandingkan dari jenis bahan lainnya.

2. Rumput sintetis futsal bahan Polyethylene

Jenis rumput sintetis yang terbuat dari bahan Polyethylene ini mempunyai tingkat kemiripan yang sangat tinggi dengan rumput asli. Apabila kita melihatnya dari kejauhan mungkin kita tidak akan dapat membedakannya. Karenanya jenis bahan ini memang banyak digunakan sebagai rumput lapangan sepak bola maupun futsal.

Walaupun secara kekuatan dan daya tahannya memang tidak sekuat dari bahan nilon membuat jenis ini lebih cocok untuk tipe lapangan indoor. Namun pada perkembangannya, rumput sintetis bahan Polyethylene telah dapat dicampur dengan bahan nilon. Hal ini bertujuan agar rumput sintetis yang dihasilkan dapat semirip mungkin dengan rumput asli namun mempunyai kekuatan dan daya tahan yang baik.

3. Rumput sintetis futsal bahan polypropylene

Rumput sintetis lapangan futsal juga banyak dibuat menggunakan bahan polypropylene. Jenis ini kurang diminati karena kekuatan dan daya tahannya yang tidak terlalu baik meskipun memiliki harga yang paling murah. Jenis ini mempunyai tekstur yang lebih lentur dari kedua bahan diatas. Untuk penggunaannya, bahan polypropylene lebih banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan maupun lapangan golf mini di dalam ruangan.

Baca Juga : Harga Karpet Futsal dan Harga Rumput Sintetis Untuk Lapangan Futsal

Vendor penyedia rumput sintetis futsal outdoor dan indoor terbaik

Bila Anda ingin memulai bisnis penyewaan lapangan futsal dan ingin menggunakan jenis lantai rumput sintetis tentu Anda ingin tahu kisaran harganya. Namun sebelum itu Anda harus tahu tipe pelanggan yang senang menggunakan rumput sintetis. Jangan sampai Anda menggunakan rumput sintetis namun pelanggan di daerah Anda menyukai jenis lainnya.

Jenis rumput sintetis sendiri lebih disukai oleh kalangan anak-anak yang masih pemula maupun orang tua yang sekedar menyalurkan hobi atau mencari keringat. Sebab jenis lapangan rumput sintetis membuat laju bola tidak terlalu cepat, sehingga mereka yang termasuk kalangan pemula atau amatir menyukainya. Rumput sintetis disukai oleh mereka yang memainkan tempo permainan yang sedang dan pelan, dan kurang diminati oleh kalangan profesional yang memainkan tempo cepat.

Jadi pastikan di daerah Anda memang mempunyai pelanggan yang menjadi target market lapangan Anda. Bila Anda mencari penjual rumput sintetis futsal tentunya Anda akan menemukan banyak vendor yang menyediakanya dengan harga yang beragam. Namun Anda jangan hanya melihat harganya saja, pastikan juga kualitasnya. Sebab kualitas ini akan menentukan seberapa lama daya tahan rumput sintetis ini digunakan.

Dari sekian banyak vendor, Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri hadir menyediakan rumput sintetis futsal terbaik dengan harga yang terjangkau. Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri merupakan vendor penyedia rumput sintetis dan pemasangannya yang telah berpengalaman selama lebih dari 8 tahun. Vendor ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu :

  • Kualitas produknya terjamin karena mengimpor sendiri bahannya.
  • Menawarkan harga yang kompetitif dan terjangkau.
  • Tim yang handal dan berpengalaman untuk pemasangan rumput sintetis.
  • Pemasangan yang cepat dan sempurna.
  • Produk dilengkapi sertifikat internasional.
  • Garansi pada produk dan jasa pemasangannya.

Apabila Anda masih bingung menentukan jenis rumput sintetis yang tepat beserta harganya, Anda dapat mengkonsultasikannya lebih dulu secara gratis. Tanyakan semua yang diperlukan untuk lapangan futsal Anda, hubungi Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri di nomer 082278811199.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Related Posts :