rumput sintetis lapangan-min

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Interlock

Biaya pembuatan lapangan futsal interlock – Bisnis dibidang olahraga futsal kini tengah menjadi tren ditengah tingginya minat terhadap olahraga tersebut. Bila Anda ingin memulai bisnis lapangan futsal maka ada banyak hal yang harus Anda perhatikan lebih dulu. Hal ini penting agar nantinya biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Lantas berapa biaya pembuatan lapangan futsal yang sesuai standar?

Pertanyaan tersebut pastinya akan muncul pertama kali ketika Anda ingin memulai bisnis lapangan futsal? Namun sebelum menjawabnya pastikan dulu prospek bisnis yang akan Anda geluti tersebut.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga futsal tengah menjamur diberbagai kota-kota besar hingga kecil. Banyak lahan kosong atau bahkan tempat usaha yang gulung tikar di tempat strategis kini berubah menjadi lapangan futsal.

Hal ini membuktikan bahwa banyaknya lapangan futsal ini memang dibarengi dengan minat olahraga futsal yang semakin tinggi. Namun selain melihat minat yang tinggi ini, Anda juga harus melihat para kompetitor yang berbisnis di bidang yang sama.

Pastikan lapangan futsal yang akan Anda bangun mempunyai keunggulan dibandingkan kompetitor. Jangan sampai usaha yang akan dirintis justru harus gulung tikar karena kalah dengan kompetitor. Selain itu Anda juga harus memikirkan pula soal modalnya mulai dari lahan, biaya pembangunan, sarana prasarana, dsb.

Rencanakan Biaya Membuat Lapangan Futsal dengan Baik

Dalam membangun sarana atau prasarana, konstruksi adalah salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan. Termasuk pula ketika akan membangun lapangan futsal, pastikan struktur-struktur yang akan dibangun memenuhi kebutuhan lapangan futsal nantinya.

Dalam membuat lapangan futsal ada beberapa tahap yang harus dikerjakan seperti :

  1. Tahap pekerjaan sipil yang meliputi lantai, dinding dan pondasi.
  2. Tahap pekerjaan kontruksi yang meliputi atap serta rangka tiang baja WF atau pipa.
  3. Tahap pekerjaan lapangan futsal yaitu instalasi jaring, lapisan lantai interlock lapangan futsal, pasir karet, tiang gawang, rubber.

Katiga tahap tersebut harus dikerjakan dan dipenuhi dengan baik untuk membuat lapangan futsal yang sesuai standar. Pastikan ketiganya direncanakan dan dikerjakan dengan baik mulai dari struktur pokok dan pendukungnya.

Struktur pokok seperti pondasi, lantai dan dinding harus siap untuk berbagai kemungkinan yang terjadi dalam olahraga futsal. Namun juga harus tetap aman untuk para pemain atau pelanggan Anda nantinya.

Pondasi dan lantai yang kuat akan membuat lapangan futsal Anda bisa tahan lama. Lantai lapangan futsal dan jaring keliling akan memberikan pengamanan kepada para pemainnya. Perhatikan juga kelengkapan sarananya seperti gawang, papan skor, bola, dsb.

Estimasi Rincian Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

Setelah Anda tahu hal-hal pokok dalam menentukan biaya pembuatan lapangan futsal interlock atau rumput sintesis atau vinyl, lantas apakah Anda punya rancangan awal pembuatan lapangannya? Apabila sudah, apakah rancangan tersebut sesuai dengan anggaran yang Anda punya? Untuk lebih jelasnya soal anggaran, mari kita simak penjelasan berikutnya.

Tahap perancangan adalah tahap awal dalam memulai bisnis lapangan futsal, karenanya Anda harus memikirkannya dengan matang. Perancangan ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar anggaran yang akan dibutuhkan. Jangan sampai kita hanya menganggarkan untuk pembuatan lapangannya saja, namun melupakan sarana prasarana penunjangnya.

Untuk memulainya tidak harus mempunyai lapangan futsal yang mewah lebih dulu, yang terpenting hal-hal fundamentalnya terpenuhi dulu. Pastikan Anda mempunyai lapangan yang baik dan sarana penunjangnya seperti bola, kamar mandi / wc, ruang ganti, dsb. Pada perkembangannya memang banyak lapangan futsal yang bahkan memiliki restoran hingga rental PS.

Anda jangan sampai memaksakan diri untuk bisa mencapai hal tersebut secara langsung bila modal Anda tidak mencukupi. Lihat dahulu peluang bisnis Anda, pastikan bisnis dapat berjalan dalam waktu yang lama barulah berkembang sedikit demi sedikit.

Dalam merancang biaya pembuatan lapangan futsal interlock atau rumput sintesis atau vinyl ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebelum memulainya berikut beberapa hal tersebut :

  1. Memperhitungkan tempat dan bangunan

Perhitungkan luas lahan yang Anda punya, dengan begitu dapat diestimasikan berapa banyak lapangan futsal yang bisa dibuat. Pastikan selain lapangannya, lahan juga mencukupi untuk tribun penonton, parkir, kamar ganti, kamar mandi / wc, ruang admin dan ruang istirahat admin.

  1. Memperhitungkan material yang dibutuhkan

Material disini mencakupi keseluruhan material tidak hanya untuk keperluan pembangunannya saja. Namun materi kelengkapannya seperti lightning, jaring, gawang, bola, rompi, papan skor, cat, dll.

  1. Memperhitungkan anggaran

Setelah kita memperhitungkan kedua hal diatas, tentunya kita dapat menentukan anggaran yang harus dikeluarkan. Nantinya agar anggaran dapat efektif dan efisien karena masih ada anggaran operasional. Anggaran operasional ini meliputi gaji karyawan, listrik, air, pemeliharaan, pajak, dll.

Gambaran Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Sederhana

Setelah menyimak pembahasan diatas maka selanjutnya Anda perlu membuat detail anggaran biayanya. Tentunya biaya pembuatan lapangan futsal interlock atau rumput sintesis atau vinyl memakan biaya yang tidaklah sedikit. Biaya ini juga beragam pada pembuatan tiap sarana dan prasarananya.

Sebagai contoh, biaya membuat lapangan futsal dengan lantai interlock berbeda dengan rumput sintesis atau vinyl. Begitupun pada kebutuhan pondasinya, hal ini tentunya akan memerlukan biaya yang tidak sama. Lantas berapa estimasi biaya pembuatan lapangan futsal sederhana?

Estimasi biaya ini dapat dibagi kedalam 3 tahap dalam pembuatan lapangan futsal yang meliputi :

  1. Tahap sipil – tahap pertama

Pada tahap sipil ini meliputi pekerjaan seperti pembuatan pondasi, cor, lantai, dinding dan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan bangunan. Untuk sebuah lapangan semi indoor pada biaya pondasi dan dindingnya membutuhkan biaya sekitar Rp 175.000.000 ; sedangkan untuk lantai dan cornya akan memakan biaya sekitar Rp 80.000.000

  1. Tahap konstruksi – tahap kedua, 

Pada tahap yang kedua biaya yang dikerluarkan adalah untuk pemasangan tiang baja WF dan H Beam beserta atapnya. Pada tahap ini Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 275.000.000,-

  1. Tahap pengerjaan lapangan – tahap ketiga 

Pada tahap finishing ini meliputi pemasangan jaring keliling, pemasangan gawang, penyusunan lantai dan sebagainya yang membutuhkan dana tidak kurang dari Rp 140.000.000,-

Dari tiga tahap tersebut tentu dapat kita perkirakan rincian biaya pembuatan lapangan futsal adalah sekitar Rp 670.000.000, Akan tetapi harus Anda ketahui bahwa biaya tersebut adalah hitungan kasarnya saja. Tentunya biaya tersebut dapat kurang atau bahkan lebih tergantung dari berapa banyak lapangan yang dibuat beserta sarana dan prasarananya.

Sehingga semakin banyak lapangan yang akan dibuat dan semakin lengkapnya sarana prasarananya pastinya akan membutuhkan biaya yang semakin besar. Bagaimana tidak, semakin banyak lapangan yang dibuat beserta sarana dan prasarananya maka biaya operasional, pemeliharaan dan biaya karyawan juga akan semakin banyak. 

Dengan biaya yang besar tersebut tentunya pembuatan lapangan futsal Anda ingin ditangani oleh ahlinya. Tentu akan sangat disayangkan apabila bangunan yang sudah baik tidak ditunjang dengan lapangan futsal yang baik pula. Karenanya kami Raga Sport Flooring PT. Raga Gunawan Mandiri akan memberikan jasa pemasangan lantai interlock terbaik. Untuk info dan pemesanan bisa menghubungi kami di nomor 082278811199.

Baca Juga : Kontraktor Lapangan Olahraga

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Related Posts :